Sebuah Ironi Yang Sangat Nyata

Beberapa hari yang lalu kita di kejutkan dengan berita tewasnya sekitar 21 orang dalam sebuah insiden pembagian zakat oleh seorang dermawan di wilayah Pasuruan Jawa Timur. Mereka yang tewas adalah para fakir miskin yang ingin mendapatkan bagian zakat itu. Konon jumlah uang zakat yang di bagikan tersebut hanya berjumlah Rp. 30.000,- saja, sebuah nilai yang tidak sebanding dengan pengorbanan mereka.

Hampir bersamaan dengan kejadian itu, sebuah berita menyedihkan datang dari dunia selebritis. Seorang selebriti ternama menderita sakit yang cukup berat, sehingga harus melakukan operasi untuk sakit yang di deritanya. Kontan kabar itu langsung mencuri perhatian sesama rekan selebriti dan bahkan ada pula beberapa politisi. Sebagai ungkapan keprihatinan atas musibah yang di derita sang selebriti tersebut tersiar kabar bahwa di gelar sebuah acara penggalangan dana oleh para artis, yang menurut sebuah media disebutkan jumlahnya hampir mencapai Rp. 1 Milyard. “Wow…” sebuah jumlah yang sangat fantastis.

Jika menyimak dua berita diatas, sungguh ironi…di satu sisi ribuan orang rela berdesakan bahkan sampai meregang nyawa hanya demi untuk mendapatkan paket zakat yang hanya Rp. 30.000,-. Dan di sisi yang lain sekelompok orang yang notabene “berduit” bergegas untuk memberikan sebuah sumbangan untuk “seorang” rekan mereka yang sakit yang notabene berduit jg. “Hmm…sangat berlawanan”.

Memang apapun yang di lakukan seseorang atau sekelompok orang merupakan HAK asasi mereka, tapi apakah sudah begitu tertutupkah mata hati para orang kaya dengan kejadian memilukan yang menimpa para kaum miskin di Pasuruan sehingga hanya karena “seorang ” rekan yang sakit rela merogoh saku mereka? Bukankah lebih tepat sasaran jika mereka menyalurkan uang mereka demi membantu saudara kita yang miskin? “Hanya hati nurani mereka jg yang bisa menjawab”.

Ini hanya sebuah OPINI, sebuah jeritan hati yang meliahat ketimpangan yang ada di depan mata kita. Tidak di landasi dengan keirian ataupun sentimen. Hanya sebuah tulisan untuk kita renungkan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: