VONIS 1051 tahun Penjara

Ketika keluar dari e-mail Yahoo, tak sengaja saya lihat artikel yang bertajuk “Bakar Napai, divonis 1.051 tahun”. Saya langsung klik link itu, dan saya baca. Wah sebuah vonis yang sangat luar biasa dan sekaligus menggelitik bagi saya karena saya kurang ngerti masalah (vonis memvonis..hehe)itu.

Kalau masalah kasus dan mengapa sampai segitu berat vonis bisa anda baca di linknya.

Saya hanya ingin membandingkan dengan sistem peradilan negara kita dengan vonis itu. Dalam artkel tersebut juga di jelaskan bahwa negara bersangkutan melarang menjatuhkan hukumam lebih dari 30 tahun. Namun pengadilan tetap menjatuhkan vonis itu.

Seperti di beritakan bahwa terdakwa kasus suap yg melibatkan seorang jaksa telah di jatuhi vonis 20 tahun penjara dan si penyuap di jatuhi hukuman 5 tahun penjara. Diberitakan juga bahwa vonis 20 tahun penjara adalah sebuah rekor vonis tertinggi dalam sejarah pengadilan tipikor.

Bisa kita bandingkan betapa masih sangat sabar peradilan di negara kita jika di bandingkan dengan negara lain yang mampu dan mau menjatuhkan vonis semaksimal mungkin terhadap pelaku tindak kejahatan, terlepas dari kasus  yang menimpa.

Bayangkan jika para koruptor di negara kita ini di jatuhi hukuman yang sangat berat. Kalau hanya 20 tahun merupakan hukuman terberat bagi koruptor hal ini tidak akan menimbulkan efek jera bagi koruptor. Kalau sebuah batasan hukuman bisa di langgar, mengapa negara kita tidak memberlakukan hal itu untuk para koruptor?( boleh nggak ya kira-kira kalau hal itu di berlakukan di negara ini? ). Sudah saatnya para koruptor itu di hukum seberat-beratnya, karena tingkat korupsi di negara ini sudah sangat tinggi. Hal ini tidak sebanding dengan kerja KPK yang sudah susah payah membongkar korupsi di instansi- instansi bahkan sampai di lembaga legeslatif. Untuk menguak sebuah kasus saja (yg saya tahu) di butuhkan biaya yang sangat besar. Bahkan untuk pengadaan alat penyadap komunikasi harus mengeluarkan dan milyaran rupiah. Seolah-olah putusan hakim merupakan anti klimaks dari upaya pengungkapan sebuah kasus korupsi.

Kabarnya di China kasus korupsi sangat berat hukumannya.Sehingga negara China mampu bangkit dari keterpurukan dan menjelma menjadi sebuah negara yang sangat di segani dalam berbagai hal.

Sudah saatnya negara ini meniru negara-negara yang mampu mengatasi masalah korupsi dengan cepat sehingga mampu meningkatkan berbagai aspek di negara ini.  Para koruptor sudah sangat meyengsarakan rakyat negara ini, apakah dengan ringannya hukuman bagi koruptor akan terus berlaku di negara yang sangat kita cintai ini?, sehingga  mereka masih bisa beraksi untuk “episode” korupsi berikutnya. Wallohu’alaam….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: